jam

Sunday 15 December 2013

Pengertian makanan dan fungsinya


Pengertian makanan dan fungsi makanan


Makanan merupakan bahan yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang guna kelangsungan hidupnya. Adapun fungsi makanan untuk tubuh kita adalah:
1.    Sebagai sumber energi
Makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan energi dan energi oleh tubuh dimanfaatkan untuk bergerak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sedangkan karbohidrat dan lemak adalah suatu bahan-bahan yang ada dalam tubuh. Pembakaran 1 gram karbohidrat dapat menghasilkan kalori 4,1 dan pembakaran 1 gram lemak bisa menghasilkan 9,1 kalori. Jadi semua itu mempunyai hubungan yang erat dan saling membantu dan membuat tubuh kita dapat beraktivitas dengan baik.
2.    Sebagai penghasil kalori dan pengatur suhu serta perlindungan tubuh
Sedangkan unsur-unsur yang banyak dibutuhkan oleh tubuh kita adalah:
a.    Oksigen
b.    Nitrogen
c.    Karbon
d.    Hidrogen.
Selain unsur-unsur yang telah disebutkan diatas masih banyak unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Walaupun unsur-unsur yang disebutkan itu sediktit tetapi mempunyai peranan yang penting untuk tubuh dan tubuh tidak bisa terganggu lagi serta dapat berfungsi dengan baik.
Sedangkan unsur-unsur tersebut terdapat pada makanan yang mempunyai fungsi untuk membantu tubuh menjalankan proses metabolisme dan pertukaran zat yang ada.

3 comments: