jam

Wednesday 18 December 2013

5 Makanan Paling Hot di Indonesia



5 Makanan Paling Hot di Indonesia


SATUHARAPAN.COM/LIFE  -  Berdasarkan beberapa sumber, ternyata Indonesia berada di peringkat pertama perihal makanan paling hot alias terpedas di dunia. Indonesia dengan banyaknya suku bangsa di dalamnya menghasilkan berbagai macam output kebudayaan diantaranya berupa kuliner. Nah, di bawah ini adalah kuliner terpedas di Indonesia seperti dikutip dari berbagai sumber :

1.Sambel Ulek.  Terdiri dari cabe rawit, cabe merah, bawang putih, bawang merah, terasi, gula pasir dan garam. Bahkan cabe rawit asli Indonesia mengalahkan tingkat kepedasan dari Thai bird’s eyes chilis. Tidak heran jika sambal ulek ini masuk ke dalam daftar makanan terpedas di dunia. Bahkan, orang mancanegara yang datang dan mencoba makanan ini pun menyatakan bahwa mereka seperti kehilangan bibir karena pedas yang menyengat.

2.Oseng-oseng mercon. Makanan asal Yogyakarta ini akan membuat Anda bermandikan peluh dan pedasnya terasa meledak di mulut. Komposisinya adalah dengan memakai cabai lima kilogram untuk daging 50 kilogram.

3.Mie setan. Begitu mendengar nama makanan asal Gresik ini saja sudah sangat mengerikan. Namun, ini tidak ada hubungannya dengan hantu atau sejenisnya. Melainkan, cabe yang dipakai untuk menambah cita rasa pada mie ini tidak wajar. Berikut adalah berbagai macam level mie setan yaitu:
  • Level 1 = berisi 12 cabe
  • Level 2 = berisi 25 cabe
  • Level 3 = berisi 35 cabe
  • Level 4 = berisi 45 cabe
  • Level 5 = berisi 60 cabe

4.Cakalang Garo Rica. Selain sambal dabu-dabu, makanan lainnya yang terkenal pedas dan menjadi khas di Manado adalah Cakalang Garo Rica. Bayangkan saja memasak ½ kg ikan cakalang diolah dengan bumbu halus berupa cabai merah rawit sebanyak 15-20 buah, bawang putih, bawang merah, tomat, garam, gula, dll. Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika ikan cakalang atau tuna tersebut digoreng atau disuir-suir terlebih dahulu sebelum dimasak.

5.Bakso Granat. Bakso adalah makanan favorit kebanyakan orang Indonesia. Namun, bakso yang satu ini sangat lain dari biasanya. Namanya adalah bakso granat. Bakso ini diisi dengan cabe yang telah diolah, sehingga ketika digigit akan terasa meledak rasa pedas di dalam mulut.

No comments:

Post a Comment